Tuesday 10 December 2013

Masakan Menggugah Selera Asli Sunda

Ada beragam  cara membuat sayur lodeh dari berbagai daerah di pulau Jawa. Sunda, Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Betawi, semua punya ciri khas masing-masing. Di kesempatan kali ini mari kita tengok resep lodeh khas Sunda yang menjadi makanan sehat mereka. Sebenarnya bahan-bahan yang digunakan tidak jauh berbeda, tetapi sayur lodeh sunda seringkali memakai labu siam dan oyong, sedangkan sayur lodeh jawa biasanya menambahkan nangka muda. Berikut lebih jelasnya.
Siapkan 1 buah labu siam, 1 buah oyong, ½ terong ungu, 5 batang kacang panjang, 5 buah cabe hijau dan 1 buah jagung manis, cuci bersih, lalu potong-potong. Kemudian haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari 2 sendok teh ebi kering yang sudah di rendam di dalam air hangat, 4 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 3 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok teh terasi, serta gula dan garam secukupnya.
Panaskan 3 sendok teh minyak sayur, lalu tumis semua bumbu yang telah dihaluskan sampai harum, tiriskan. Didihkan 800 ml santan cair. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi ke dalam didihan santan berserta dengan sayuran dan 5 buah biji melinjo. Setelah semua sayuran lunak, tambahkan lengkuas dan daun salam. Atur rasa dengan menambahkan garam atau gula sesuai selera. Cukup mudah bukan, cara membuat sayur lodeh ala Sunda? Sajikan dengan nasi panas dan ikan asin, maka rasanya akan lebih nikmat.


0 comments:

Post a Comment