Sunday 29 December 2013

Bakso Kepala Sapi

Pada umumnya cara membuat bakso banyak yang menggunakan daging sapi sebagai bahannya. Namun, berbeda dengan yang satu ini bakso dibuat dari kepala sapi bukan dari dagingnya. Anda penasaran? Mari kita telusuri cara pembuatannya. Daging pada bagian kepala sapi tentu saja berbeda dengan daging pada tubuhnya. Biasanya daging kepala sapi lebih terasa renyah dibanding daging tubuhnya.

Untuk membuatnya siapkan bahan berupa daging kepala sapi, tepung sagu, baking soda, telur dan es batu. Bumbu yang digunakan berupa bawang merah dan bawang putih, garam, penyedap rasa dan lada hitam. Cara pembuatannya campur daging sapi, tepung sagu, baking soda, dan telur serta bumbu rempah yang dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian giling campuran tersebut sampai  halus, pada saat proses tersebut masukan es batu sedikit demi sedikit ke dalamnya. Setelah tercampur merata dan halus angkat dari penggilingan.

Proses memasaknya sama seperti bakso lain, yaitu direbus di air mendidih sampai bakso tersebut terlihat mengapung. Itu menandakan bakso tersebut sudah matang. Ada beberapa keunggula dari bakso kepala sapi ini diantaranya, bakso ini memiliki kadar kolesterol yang paling rendah karena diambil dari bagian daging kepala sapi. Selanjutnya karena dianggap kelenjar-kelenjar otot pada kepala sapi tidak padat, hasilnya sebuah bakso yang empuk dan padat tanpa terasa amis di lidah. Kuah pada bakso ini pun akan lebih bening dibanding kuah bakso biasa. Hal ini dikarenakan kandungan lemaknya lebih rendah dibanding bakso biasa.


Ternyata banyak keuntungan dari bakso kepala sapi tersebut. selain dari nilai gizinya juga dari harganya. Karena daging kepala sapi memiliki harga yang lebih murah dibanding dagingnya. Sehingga harga bakso ini juga akan lebih murah dari bakso biasa. Jika anda penasaran anda bisa menggunakan bahan kepala sapi ini untuk mempraktekan cara membuat bakso dengan kandungan yang berbeda ini.  

0 comments:

Post a Comment